-->

Tutorial Pembuatan Makalah Yang Baik Dan Benar Beserta Karakteristiknya

Tutorial Pembuatan Makalah_"Kuliah" dan "Makalah" adalah dua hal yang tidak mungkin dan tidak akan pernah terpisahkan. Makalah di dunia perkuliahan pun jauh berbeda dengan makalah yang sering kita buat di-SMA. lah kok beda sih? iya, beda karena penulisan Makalah di-SMA tidak terpaku pada format atau aturan-aturan dalam penulisaanya. 

dan sebelumnya saya sudah menulis Makalah mengenai mata kuliah "Pendekatan Studi Islam" dan mungkin teman-teman sebagian ada yang bingung bagaimana sih format atau aturan-aturan penulisan makalah. Nah disini saya akan membahasa Format atau aturan-atruran penulisan "Makalah" di IAIN ANTASARI eh maksudnya UIN ANTASARI amiin. Mungkin tidak jauh berbeda atau bahkan mungkin sama.

Untuk melihat gambaran mengenai Maklah lihat juga postingan saya :

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis logis dan objektif. Di perguruan tinggi, makalah menjadi bagian dari komponen kegiatan perkuliahan dan disusun untuk memenuhi tugas akademik pada suatu mata kuliah. Makalah memiliki beberapa karakteristik yang harus mahasiswa atau calon mahasiswa ketahui. Berikut beberapa karakteristik Makalah.

  • KARAKTERISTIK MAKALAH

1. Makalah Merupakan hasil kajian pustaka dan atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan.

2.  Makalah merupakan bentuk ilustrasi pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritis yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.

3. Menunjukkan kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap isi dan berbagai sumber yang digunakan.

4. Mendemontrasikan kemampuan mahasiswa meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

  • JENIS-JENIS MAKALAH

Di IAIN Antasari, khususnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, ada dua jenis makalah yang berlaku, yaitu makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper). Makalah biasa dibuat oleh mahasiswa untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. 

Dalam makalah ini secara deskriptif, mahasiswa mengemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji. Ia juga mengemukakan pendapat baik berupa kritik atau saran mengenai aliran atau pendapat yang dikemukakan. 

Dalam makalah ini mahasiswa tidak perlu memihak salah satu aliran atau pendapat tertentu dan beragumentasi untuk mempertahankan pendapat tersebut. 

Dalam makalah posisi, mahasiswa menunjukkan posisi teoritisnya dalam suatu kajian. Mahasiswa dituntut untuk tidak hanya menunjukkan penguasaan terhadap suatu teori atau pandangan tertentu saja tetapi juga harus menunjukkan di posisi mana ia berdiri disertai dengan alasan yang didukung oleh teori dan atau data yang relevan.

Dalam menyusun makalah posisi, mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber tentang aliran dan pendapat tertentu, dan sudut pandangan yang berbeda-beda dan bahkan mungkin dari yang saling bertentangan. Dalam bahasanya mahasiswa dapat memihak pada salah satu aliran atau dapat membuat suatu sintesis dari berbagai pendapat yang ada. Dengan demikian, untuk membuat makalah posisi, mahasiswa dituntut memiliki kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi yang baik.

Mahasiswa program diploma hingga S-1 dituntut membuat makalah biasa dalam setiap perkuliahan, adapun makalah posisi ditugaskan kepada mahasiswa diploma dan sarjana (S-1) secara terbatas, berdasarkan kebutuhan dosen pengampu mata kuliah.

  • SISTEMATIKA/SUSUNAN MAKALAH

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang disusun untuk memenuhi tugas pada suatu mata kuliah dengan format penulisan yang relatif pendek antara 10-15 halaman. Sistematika penulisan makalah memuat sebagai berikut:

1. Cover halaman judul 
Yang terdiri dari judul, nama penulis dan NIM, nama mata kuliah, dosen pengampu, logo IAIN Antasari, nama institut, jurusan, dan tahun.
Lihat gambar dibawah :


2. Pendahuluan 
Pada Pendahuluan yang memuat dasar pemikiran atau latar belakang dari pokok masalah yang akan dibahas dalam makalah.

Baca juga :


Lihat gambar dibawah :


3. Isi 
yang memuat paparan pokok bahasan yang dapat dibagi menjadi beberapa subpokok bahasan.

Lihat gambar dibawah :


4. Penutup 
yang memuat simpulan pembahasan.

Lihat gmbar dibawah ;



5. Daftar pustaka.

Lihat gambar dibawah ;



  • FORMAT PENULISAN MAKALAH

Format penulisan makalah mengikuti ketentuan sebagai berikut:

1. Format penulisan makalah tidak memerlukan pemuatan kata pengantar, daftar isi, dan penggunaan bab.

2. Makalah diketik dengan menggunakan jenis font Times New Roman ukuran 12 point dengan ½ spasi dengan menggunakan kertas HVS putih ukuran A4 (21cm x 29,7cm).
"Mungkin para pembaca  sudah tahu bagaimana cara ganti ukuran kertas, jadi  dalam postingan ini gak perlu saya bahas caranyanya disini" :) 

3. Pengetikan naskah makalah dilakukan dengan komputer dengan pengaturan lay-out margin atas 4 cm, margin kiri 4 cm, margin bawah 3 cm, margin kanan 3 cm dari tepi kertas.
"Nah, kalo yang ini mungkin akan saya kasih tahu caranya, karena mungkin agak ribet jadi saya kasih tahu cara yang saya gunkan, langsung aja."


-Petama arahkan corsur pada bagian "Page Layout " seperti pada gambar dibawah :



-Selanjutnya pilih margin pada kotak dialog "Page Layout" seperti pada gambar dibawah :

ikuti perintah seperti pada gambar diatas, pilih pada "Custom Margins" paling bawah dalam dialog Margins. Lalu akan muncul algi dialog seperti gambar dibawah ini ;

Setalah kotak dialog pada "Custom Margins" keluar seperti pada gambar diatas, gantilah margin sesuai dengan ketentuan makalah teman-teman. kalau ketentuan makalah yang digunakan Kampus saya. .
Top         : 4 cm 
Left        : 4 cm
Bottom : 3 cm
Right     : 3 cm

Angka-angka pada Kotak dialog Margin diatas adalah pengaturan margin normal yang akan muncul otomatis. Abaikan dan ganti saja dengan ketentuan margin teman-teman tau gunkan ketentuan margin yang digunkan kampus saya diatas.

4. Jumlah halaman makalah antara 10-15 halaman.
Menulis Makalah

"Demikian Pengaturan-pengaturan makalah dalam dunia perkuliahan, satu hal yang harus kita ingat bersama-sama bahwansanya menyertakan sumber dalam penulisan maklah sangatnlah penting, karena itu sebagai rujukan yang menunjukkan kalau Makalah kita Ilmiah bukan sebuah Opini beaka, semoga membantu salam Karya Tulis Ilmiah."

Postingan selanjtnya Isnya Allah cara membuat footnote (catatan kaki).


Sumber Materi :  Pedoman Penulisan Skripsi. 2015. Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

TIM PENYUSUN:

KETUA        : Drs. Nor Ipansyah, M.Ag
Sekretaris  : H. Anwar Hafidzi,Lc.,MA.H 
Anggota      : H. Badrian, M.Ag
                        Hj. Rabiatul Adawiah, M.Ag
                        Dra. Hj. Wahidah, M.H.I
                        Dra. Hj. Rusdiyah, M.H.I
                        Diana Rahmi, S.Ag., M.H


Itu tadi Tutorial Pembuatan Makalah Yang Baik Dan Benar Beserta Karakteristiknya dan juga di informasikan bagi mahasiswa UIN Antasari yang dulunya IAIN Antasari bahwa dengan adanya perubahan status tersebut tentunya juga berdampak pada perubahan struktur fakultas, yang tadinya fakultas Syariah dan Ekonomi menjadi satu untuk saat ini sudah berpisah, jadi teman-teman dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bisa lihat format penulisanya di link berikut : (https://febi.uin-antasari.ac.id/index.php/unduhan/?locale=ms)

Tutorial Pembuatan Makalah Yang Baik Dan Benar Beserta Karakteristiknya